GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BANIONA, KECAMATAN WOTAN ULUMADO, KABUPATEN FLORES TIMUR

  • Ummi Syarifa Syahputri Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana
  • Serlie K. A. Littik
  • Dominirsep O. Dodo
Keywords: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Puskesmas,, SERVQUAL.

Abstract

ABSTRAK

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama untuk mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Puskesmas harus memiliki pelayanan kesehatan yang berkualitas sehingga masyarakat mampu hidup sehat dan tujuan pembangunan kesehatan akan tercapai. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Baniona, Kecamatan Wotan Ulumado, Kabupaten Flores Timur. Dimensi kualitas pelayanan kesehatan yang diteliti mengacu pada model SERVQUAL (Service Quality) yang dikembangkan oleh Parasuraman et al. (1988). Ada lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dengan skala likert. Populasi penelitian ini adalah pasien Puskesmas Baniona dengan jumlah sampel 93 orang. Berdasarkan jawaban responden, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Baniona pada dimensi bukti fisik sudah baik dengan persentase 75,3%. Dimensi kehandalan sudah baik dengan persentase 75,3%. Dimensi daya tanggap sudah baik dengan persentase 75,3%. Dimensi daya tanggap sudah baik dengan persentase 79,6%. Dimensi jaminan di puskesmas sudah baik dengan persentase 83,9%. Dimensi Empati sudah baik dan memiliki persentase 87,1%, dan secara keseluruhan Gambaran kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Baniona menunjukkan bahwa dari 93 responden dalam penelitian sebagian besar memiliki persepsi yang baik terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Baniona sebanyak 74 orang dengan persentase (79,6%). Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Puskesmas Baniona perlu memperbaiki keadaan kamar mandi, melengkapi perlengkapan alat medis, dan meningkatkan pelatihan kepada tenaga kesehatan.

ABSTRACT

A Community Health Center (Puskesmas) is a healthcare facility that provides both public health efforts and individual first-level healthcare services aimed at achieving the highest possible level of health in its working area. A Puskesmas must offer quality healthcare services so that the community can live healthily and the goals of health development can be achieved. This quantitative descriptive study aims to determine the overview of the quality of health services at Baniona Community Health Center, Wotan Ulumado Sub-District, East Flores Regency. The dimensions of healthcare service quality examined in this study refer to the SERVQUAL (Service Quality) model developed by Parasuraman et al. (1988). Five dimensions were analyzed: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy, using a Likert scale. The population of this study consisted of patients at Baniona Community Health Center, with a total sample of 93 respondents. Based on respondents’ answers, it can be concluded that the quality of services at Baniona Community Health Center is considered good in the following dimensions: tangibles at 75.3%, reliability at 75.3%, responsiveness at 79.6%, assurance at 83.9%, and empathy at 87.1%. Overall, the quality of healthcare services at Baniona Community Health Center is perceived positively, with 74 out of 93 respondents (79.6%) expressing a good perception of the services provided. To further improve the quality of healthcare services, Baniona Community Health Center needs to improve the condition of the bathrooms and ensure the availability of adequate medical equipment, and improve training fort health workers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peratur Menteri Kesehat RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. 2019;Nomor 65(879):2004-2006.

Krisnaldly dkk. Tridharma manajemen. Efisiensi Meningkat Barang Habis Pakai Guna Meningkat Kas Dan Menejemen Keuang Yang Baik. 2020;1(2):49.

Purba L, Halim EH, Widayatsari A. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Bedah Saraf RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya Lestari Purba 1) , Edyanus Herman Halim 2) dan Any Widayatsari 3). J Ekon KIAT. 2021;32(2):1-16.

Puskesmas Baniona. (2023). Data Kunjungan pasien Puskesmas Baniona, kecamatan wotan ulu mado Tahun 2023.

Maran IL. Skripsi persepsi masyarakat terhadap perilaku caring perawat di kecamatan wotan ulumado kabupaten flores timur. Published online 2024.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

Kesehatan D, Kabupaten P, Timur F. ( L K P J ). Published online 2023.

Izzaty RE, Astuti B, Cholimah N. 済無No Title No Title No Title. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. Published online 1967:5-24.

Ridwan M, Berkatillah A, Studi P, Publik A. KECAMATAN JUAI KABUPATEN BALANGAN. :297-306.

Putri RA, Kusumo WEG, Desty RT. Gambaran Kualitas Layanan Kesehatan di Puskesmas Ngemplak Simongan. Indones J Heal Community. 2023;4(1):37. doi:10.31331/ijheco.v4i1.2483

Ariyanti F, Arofi SP. Studi Mutu (ServQual) dan Kepuasan Pasien Berdasarkan Akreditasi Puskesmas. J Ilmu Kesehat Masy. 2021;10(03):180-190. doi:10.33221/jikm.v10i03.509

Marshella A. Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bailang Kota Manado. J KESMAS. 2022;Vol. 11, N(4):1-5. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/41702

Ramadhan F, Muhafidin D, Miradhia D. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE - J Adm Negara. 2021;12(2):58. doi:10.24198/jane.v12i2.28684

Imam Syafe’i. Gambaran Kualitas Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2022. Univ Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Published online 2023. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/67607

Ginting SE, Santoso RS, Rostyaningsih D. Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Rembang1. J Public Policy Manag Rev. 2024;13(3):502-523.

Published
2025-08-07
How to Cite
Ummi Syarifa Syahputri, Serlie K. A. Littik, & Dominirsep O. Dodo. (2025). GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BANIONA, KECAMATAN WOTAN ULUMADO, KABUPATEN FLORES TIMUR. Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 7(02), 1038-1047. https://doi.org/10.31970/ma.v7i02.311
Section
Articles