ANALISIS HUBUNGAN RESPON TIME, KETERAMPILAN PERAWAT, DAN PROSEDUR PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KENDARI

  • Veriasari Rangga Massora Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • I Made Christian Binekada Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Wa Ode Salma Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia
Keywords: Respon Time, Keterampilan Perawat, Prosedur Pelayanan,Kepuasaan Pasien

Abstract

ABSTRAK

Respon time merupakan kecepatan dalam penanganan pasien oleh perawat ≤ 5 menit saat tibanya pasien di unit gawat darurat. Respon time dengan penanganan kecepatan yang sudah berstandar dapat menjadi proses pelayanan yang baik di IGD, sehingga pasien dapat merasakan kepuasan dari pelayanan keperawatan. Selain itu, keterampilan perawat yang baik dan prosedur pelayanan yang mudah juga faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di IGD RS. Bhayangkara Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan respon time, keterampilan perawat dan prosedur pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di IGD RS. Bhayangkara Kendari. Desain penelitian menggunakan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel pasien yang datang ke IGD RS. Bhayangkara Kendari sebanyak 367 responden. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi respon time perawat dan lembar kuesioner untuk menilai keterampilan perawat, prosedur pelayanan dan tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menggunakan uji chi square diperoleh hasil nilai p-value  < α = 0,05, menunjukkan bahwa ada hubungan antara respon time, keterampilan perawat, dan prosedur pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di IGD RS. Bhayangkara Kendari. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada rumah sakit untuk lebih meningkatkan respon time, keterampilan perawat, dan prosedur pelayanan dalam melakukan tindakan pelayanan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, sehingga tingkat kepuasan pasien menajdi lebih baik lagi.

 

ABSTRACT

 

Response time is the speed in handling patients by nurses within ≤ 5 minutes when the patient arrives at the Emergency Room (ER). Response time with standard speed handling can be a good service process in the ER so that the patients can feel satisfaction from nursing services. In addition, good nursing skills and easy service procedures are also factors related to the level of patient satisfaction in the ER at Bhayangkara Hospital Kendari. This study aimed to determine the relationship between response time, nursing skills, and service procedures toward the patient satisfaction level in the ER at Bhayangkara Hospital Kendari. The research design used a cross-sectional method. The sampling technique in this study used purposive sampling with a sample of 367 patients who came to the ER at Bhayangkara Hospital Kendari. The instruments used were nurse response time observation sheets and questionnaire sheets to assess nurse skills, service procedures, and patient satisfaction levels. The results of the study by using a chi-square test showed a p-value < α = 0.05, indicating that there was a relationship between response time, nurse skills, and service procedures toward the patient satisfaction level in the ER at Bhayangkara Hospital Kendari. Based on this study, it is recommended for hospitals to further improve response time, nursing skills, and service procedures in carrying out service actions to improve the quality of hospital services so that the level of patient satisfaction becomes even better.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Simandalahi T, Morika HD, Sartiwi W, Sari Dewi RI. Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. J Kesehat Mesencephalon. 2019;5(2). doi:10.36053/mesencephalon.v5i2.114

Silalahi JY, Fitriani AD, Megawati M. Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Advent Medan. J Kesehat PERINTIS (Perintis’s Heal Journal). 2019;6(1):21-29. doi:10.33653/jkp.v6i1.165

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/Iii/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit. Kementrian Kesehat Republik Indones. Published online 2010:116.

Hidayat N, Ahsan A, Rahayu M, Lestari R. Response time, waiting time and service quality in emergency department. Int J Public Heal Sci. 2020;9(3):199-204. doi:10.11591/ijphs.v9i3.20435

Mulugeta H, Wagnew F, Dessie G, Biresaw H, Habtewold TD. Patient satisfaction with nursing care in Ethiopia: A systematic review and meta-analysis. BMC Nurs. 2019;18(1):1-12. doi:10.1186/s12912-019-0348-9

Anatolia KD, Maria S, Sisilia LC, Theresia AK. Response Time Nurses in Providing Services with Patient Satisfaction Installed Emergency Department. J Kesehat Prim. 2019;4(2):76-83. doi:10.31965/jkp

Adhiwijaya A, Hanaruddin DY. the Role of Telenursing in Overcoming Emergencies of Pregnancy: an Integrative Literature Review. Nhihc Nani Hasanuddin …. Published online 2018:57. http://www.libnh.stikesnh.ac.id/index.php/nhihc/article/view/188

Susanti RA, Kusniawati. Hubungan Peran Perawat Dalam Response Time Dengan. Med (Media Inf Kesehatan). 2019;6(2):225-238.

Pohan M rian. Hubunganrespon Timeyang Diberikan Perawat Igd Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padangsidimpuan. Keperawatan. 2021;2(11):45.

Prahmawati P, Rahmawati A, Kholina K. Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. J Wacana Kesehat. 2021;6(2):69. doi:10.52822/jwk.v6i2.281

DEPKES. Standar Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat di Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. Published online 2011.

Bhayangkara R. RUMKIT BHAYANGKARA TINGKAT III KENDARI. Published online 2024.

Nisaa TA, Lestari PW, Binawan U, Tenaga S, Kefarmasian T. Analysis of Pharmaceutical Workforce Workload. 2020;2:292-298.

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. In Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th Ed.). Jakarta.; 2015.

Meilina M, Bernarto I. Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan PerawatTerhadap Kepuasan Pasien. J Adm Bisnis. 2021;11(1):1-6.

Rama RE, Wowor M, Gannika L. Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado. J Keperawatan. 2019;7(1):1-7. doi:10.35790/jkp.v7i1.24348

Rambe NM, Devi Fitriani A, Suroyo RB. Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia. J Ilmu Psikol dan Kesehat. 2021;1:107-122. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKONTAN

Yustriani SKM. Hubungan Kompetensi Perawat IGD Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. JHeS. 2022;Vol 3, No(2):1-10.

Published
2024-08-09
How to Cite
Veriasari Rangga Massora, I Made Christian Binekada, & Wa Ode Salma. (2024). ANALISIS HUBUNGAN RESPON TIME, KETERAMPILAN PERAWAT, DAN PROSEDUR PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KENDARI. Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 6(2), 501-515. https://doi.org/10.31970/ma.v6i2.193
Section
Articles