KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SIS ALJUFRI PALU TAHUN 2022

  • Nita Damayanti Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat, Jl. Diponegoro No.39 Palu 94221, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Ricky Yuliam Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat, Jl. Diponegoro No.39 Palu 94221, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Rumah Sakit

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, rumah sakit dituntut untuk dapat melayani masyarakat, dapat berkembang dan mandiri serta harus mampu bersaing dalam memberikan pelayanan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat. Harapan pasien terkait berbagai aspek pelayanan di rumah sakit seperti kehandalan, bukti fisik, jaminan, perhatian dan daya tanggap petugas kesehatan,  semakin meningkat seiring dengan tuntutan tingkat kepuasan yang di harapkan, peningkatan kualitas pelayanan dapat memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Sis Aljufri palu tahun 2022, penelitian ini menggunakan dengan rancangan cross sectional study yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variable independen dan variable dependen dimana pengukuran antara sebab dan akibat dalam waktu yang sama. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan variabel Daya Tanggap  dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,30)  untuk variabel jaminan didapatkan ada hubungan variabel Jaminan dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0, 30), kemudian untuk variabel bukti fisik tidak ada hubungan Bukti Fisik  dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,116), kemudian untuk variabel perhatian ada hubungan Perhatian dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,30) dan variabel kehandalan ada hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,20).

Downloads

Download data is not yet available.

References

KEMENKUMHAM RI, 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 79 Tentang Badan Layanan Umum Daerah. [Online] Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/111301/permendagri-no-79-tahun-2018 [Accessed 18 November 2020].

Sutriono, D. & Sudirman, 2020. Health services description (pharmacy installation) in district hospital prof. Dr. H. Aloei saboe. IKESMA (Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat), 16(2), pp. 117-125.

Kementerian Kesehatan RI. (2012). “Pedoman Teknis Bangunan RumahSakit Ruang Rawat Inap.” Direktorat Bina Pelayanan PenunjangMedik dan Sarana Kesehatan

Herri, 2017. Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana.

Hadi, 2017. Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.

Website Resmi WHO (World Health Organization)(www.who.int) www.who.int/topics/hospitals/en/(DiaksesPadaTanggal22-01-2022

Published
2023-04-17
How to Cite
Damayanti, N., & Yuliam, R. (2023). KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SIS ALJUFRI PALU TAHUN 2022. Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 5(1), 19-24. https://doi.org/10.31970/ma.v5i1.116
Section
Articles