KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SIS ALJUFRI PALU TAHUN 2022
Abstract
Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, rumah sakit dituntut untuk dapat melayani masyarakat, dapat berkembang dan mandiri serta harus mampu bersaing dalam memberikan pelayanan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat. Harapan pasien terkait berbagai aspek pelayanan di rumah sakit seperti kehandalan, bukti fisik, jaminan, perhatian dan daya tanggap petugas kesehatan, semakin meningkat seiring dengan tuntutan tingkat kepuasan yang di harapkan, peningkatan kualitas pelayanan dapat memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Sis Aljufri palu tahun 2022, penelitian ini menggunakan dengan rancangan cross sectional study yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variable independen dan variable dependen dimana pengukuran antara sebab dan akibat dalam waktu yang sama. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan variabel Daya Tanggap dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,30) untuk variabel jaminan didapatkan ada hubungan variabel Jaminan dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0, 30), kemudian untuk variabel bukti fisik tidak ada hubungan Bukti Fisik dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,116), kemudian untuk variabel perhatian ada hubungan Perhatian dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,30) dan variabel kehandalan ada hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien rawat inap (p value = 0,20).
Downloads
References
KEMENKUMHAM RI, 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 79 Tentang Badan Layanan Umum Daerah. [Online] Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/111301/permendagri-no-79-tahun-2018 [Accessed 18 November 2020].
Sutriono, D. & Sudirman, 2020. Health services description (pharmacy installation) in district hospital prof. Dr. H. Aloei saboe. IKESMA (Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat), 16(2), pp. 117-125.
Kementerian Kesehatan RI. (2012). “Pedoman Teknis Bangunan RumahSakit Ruang Rawat Inap.” Direktorat Bina Pelayanan PenunjangMedik dan Sarana Kesehatan
Herri, 2017. Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana.
Hadi, 2017. Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.
Website Resmi WHO (World Health Organization)(www.who.int) www.who.int/topics/hospitals/en/(DiaksesPadaTanggal22-01-2022
Copyright (c) 2023 Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant Journal Medika Alkhairaat right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/) that allows others to remix, adapt, build upon the work non-commercially with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in Journal Medika Alkhairaat.
2. Authors are permitted to copy and redistribute the journal’s published version of the work non-commercially (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Journal Medika Alkhairaat.