GAMBARAN PENGETAHUAN SUAMI TENTANG ALAT KONTRASEPSI KB KONDOM DI DUSUN SAPANANG KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA

  • Mudyawati Kamaruddin Program Studi Kebidanan, Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Nita Ariani Nur Program Studi Kebidanan, Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Sukmawati Pusat Kesehatan Masyarakat Kajang, Kajang Bulukumba Sulawesi Selatan Universitas
Keywords: Pengetahuan, Pendidikan, Kondom

Abstract

Penggunaan kontrasepsi kondom masih rendah dan kurang dipilih oleh suami dalam menekan laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan suami tentang pemakaian kondom di Desa Sapanang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 30 responden yang memakai alat kontrasepsi KB kondom. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengetahuan suami tentang kondom di Dusun sapanang Kec. Kajang Kab. Bulukumba yaitu kategori baik (3,4%), cukup (46,6 %), dan kurang (50 %). Pengetahuan suami berdasarkan pengertian tentang kondom dalam kategori baik (3,3%),cukup (26,7%), dan kurang (70,0%). Pengetahuan suami berdasarkan kelebihan kondom yaitu kategori baik (3.4%), kurang (96.6%) dan cukup (0.0%). Pengetahuan suami berdasarkan kekurangan kondom yaitu kategori baik (46,6%), cukup (10%), dan kurang (43,4%). Pengetahuan suami berdasarkan efek samping tentang kondom yaitu kategori baik (3,4%), cukup (30%), dan kurang (66,6%). Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar pengetahuan suami tentang alat kontrasepsi kondom masih kurang. Selain itu, pengetahuan suami terhadap pengertian kontrasepsi kondom, tentang kelebihan kontrasepsi kondom dan tentang efek samping terhadap kondom juga masih berkategori kurang. Akan tetapi, mayoritas pengetahuan para suami tentang kekurangan kondom adalah berkategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suratun S, Tien H, Rusmiati S. Pelayanan Keluarga Berencana Dan Pelayanan Kontrasepsi. Trans Info Media; 2008.

Hidayati K, Listyani E. Upaya Konselor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Majalah Dinamika Guru. 2012.

Kamaruddin M, Sumarni, Ganie AH, et al. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kurangnya Minat Ibu Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Implant di Wilayah Puskesmas Ponre Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. 2020;1(2):156-166.

BKKBN. Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera di Kabupaten/Kota. Published online 2010.

Usmia S, Wahyuni S, Kamaruddin M, Misriyani. Deskripsi Pengetahuan Ibu Tentang KB Suntik 3 Bulan (Depo Progestin) di Puskesmas BontoBahari Bulukumba. 2020;2(2):179-186.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2012. Published online 2012.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba. Profil Kesehatan Kabupaten Bulukumba Tahun 2014. Published online 2015.

Notoadmodjo S. Metode Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta; 2012.

Ayu. Ilmu Kebidanan Penyakit. EGC; 2006.

Published
2020-12-31
How to Cite
Kamaruddin, M., Ariani Nur, N., & Sukmawati. (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN SUAMI TENTANG ALAT KONTRASEPSI KB KONDOM DI DUSUN SAPANANG KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA. Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 2(3), 95-99. https://doi.org/10.31970/ma.v2i3.59
Section
Articles