KAJIAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG BAHAYA ASAP ROKOK PADA KEHAMILAN DI PUSKESMAS HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA

  • Mudyawati Kamaruddin Midwifery Academy, Tahirah Al Baeti, Bulukumba, South Sulawesi, Indonesia
  • Andi Asriany Midwifery Academy, Tahirah Al Baeti, Bulukumba, South Sulawesi, Indonesia
  • Kasmawati Midwifery Academy, Tahirah Al Baeti, Bulukumba, South Sulawesi, Indonesia
  • Nurhidayat Triananinsi Faculty of Midwifery, University of Mega Rezky, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
Keywords: Pengetahuan, Ibu Hamil, Janin, Bahaya Asap Rokok

Abstract

Paparan asap rokok yang dapat mengakibatkan resiko pada kehamilan, dibagi menjadi perokok aktif dan pasif. Efek dari paparan asap rokok pada ibu hamil sangat berbahaya karena 75% asap rokok akan terhirup oleh ibu hamil dan dapat berpengaruh pada janin yang ada dalam kandungan antara lain seperti bayi prematur, bayi terlahir dengan berat badan lahir rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengetahuan ibu hamil tentang bahaya asap rokok terhadap kehamilan.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif dengan teknik total sampling.  Responden yang digunakan adalah 42 ibu hamil yang memenuhi persyaratan, dengan mengisi instrumen penelitian yang berupa lembar tes dan dianalisis secara univariat Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 42 responden yang dilakukan tes pengetahuan tentang bahaya rokok terhadap janin oleh ibu hamil diperoleh kategori berpengetahuan baik14,3%, yang berpengetahuan cukup adalah 61,9%, dan yang masuk dalam kategori berpengetahuan kurang  sebesar 23,8%. Disimpulkan bahwa    pengetahuan ibu hamil tentang bahaya asap rokok bagi kehamilan masih belum memadai. Harapannya denga hasil penelitian ini menambah referensi bagi Puskesmas dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya asap rokok bagi baik ibu hamil terutama terhadap janin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Haerani, Ningsih, S. Usmia, S. Sumarni, Nur, NA. Maya, RA. Kamaruddin, M. 2020. Gambaran Kebiasaan Merokok Anggota Keluarga Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA ) Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Ponre Gantarang Bulukumba. Jurnal Medika Alkhairaat 1(2): 149–55. http://jurnal.fkunisa.ac.id.
2. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2007. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2008; p. 130-40.
3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Anak remaja rentan menjadi perokok pemula. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2013.
4. WHO report on the global tobacco epidemic. Geneva, WHO, 2015.
5. Maidartati, and Priska Parsaulian. 2015. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Trimester I Tentang Pengaruh Rokok Terhadap Tumbuh Kembang Janin Di Polikandungan RSUD Kota Bandung. Jurnal Ilmu Keperawatan III(1): 38–50. http://jurnal.fkunisa.ac.id.
6. Kamaruddin, M. Hasrawati, Usmia, S. Jusni, Misnawaty, Handayani, I. 2019. Korelasi Antara Status Gizi Dan Kadar Hemoglobin Pada Kejadian Anemia Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Medika Alkhairaat 1(2): 77–82. http://jurnal.fkunisa.ac.id/index.
7. Sulistyawati, A. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika
Published
2020-08-06
How to Cite
Kamaruddin, M., Andi Asriany, Kasmawati, & Triananinsi, N. (2020). KAJIAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG BAHAYA ASAP ROKOK PADA KEHAMILAN DI PUSKESMAS HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA. Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), 192-196. Retrieved from http://jurnal.fkunisa.ac.id/index.php/MA/article/view/55
Section
Articles