Deskripsi Pengetahuan dan Pemahaman Mahasiswa Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Tentang Anemia Ibu Hamil

  • Mudyawati Kamaruddin
  • Nurhayani Midwifery Academy, Tahirah Al Baeti, Bulukumba, South Sulawesi, Indonesia
  • Idar Karlina Midwifery Academy, Tahirah Al Baeti, Bulukumba, South Sulawesi, Indonesia
Keywords: Pemahaman, Pengetahuan, Anemia Ibu Hamil, Mahasiswa

Abstract

Latar Belakang. Anemia adalah suatu keadaan dimana tubuh memiliki jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit, yang mana jumlah sel darah merah itu ditentukan dengan kadar hemoglobin. Anemia pada kehamilan adalah suatu keadaan berkurangnya sel darah merah dalam sirkulasi darah atau massa hemoglobin, dimana  kadar Hb di bawah 11 gr% pada trimestrer I dan II atau kadar Hb kurang dari 10,5 gr% pada trimester III. Mahasiswa akademi kebidanan penting mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang anemia pada ibu hamil yang adekuat sebagai bekal mereka untuk berinteraksi dengan komunitas dan bertemu klien. Tujuan. Mendeskripsikan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa Akbid Tahira Al Baeti tentang anemia ibu hamil. Metode. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan sampel mahasiswa tingkat I dan II AKBID Tahirah Al Baeti Bulukumba sebanyak 42 responden, instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil. Berdasarkan data kuesioner diperoleh bahwa pengetahuan mahasiswa Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba tentang anemia pada ibu hamil berada pada tingkat  berpengetahuan baik untuk mahasiswa tingkat II (100%) dibandingkan dengan mahasiswa tingkat I (50%). Sedangkan tingkat pemahaman  mahasiswa Akademi Kebidanan Tahirah al Baeti Bulukumba tentang anemia pada ibu hamil adalah 95.5% untuk mahasiswa tingkat II, dan 50% untuk mahasiswa tingkat I. Walau secara keseluruhan mahasiswa Akbid Tahirah Al Baeti BUlukumba baik tingkat I maupun II mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang cukup baik. Hal ini disebabkan tingkat dan lama proses belajar mengajar mendukung tingkatan pengetahuan dan pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilla. 2014. Buku Ajaran Kebidanan Yogyakarta: Nuha Medika.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di KKBI digilib.unila.ac.id/881/11/3.%20BAB%20III.pdf. Diakses 24 november 2018.

Kementrian Kesehatan RI. (2015). Buku Ajaran Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga kesehatan. (di akses pada tahun 2018).

Kusmiran, E, (2013). Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita, Salemba Medika, Jakarta. Diakses tanggal 23 November 2018

Martini. S dan Oktaviani.D. 2017. Hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe dengan Kepatuhan Ibu Hamil mengomsumsi Tablet Fe. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak Akademi Kebidanan An-Nur. Vol 2 No 1. Hal 22-29. ( diakses pada tahun 2018)

Notoatmojodjo,S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan.jakarta:Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Obay, Gerald., Ondongo, pancras., & Wanyama, Ronald. (2016). Prevalence of Anaemia and Associated Risk Factors among Pregnant Women Attending ANC in Gulu and Hoima Regional Hospital in Uganda: A Cross Sectional Study. BMC Journal Pregnancy and childbirth. Trusted 2016.

Properawati, A. (2013). Anemia dan anemia kehamilan. Yogyakarta: Nuha Medika. (diakses pada tahun 2018)

Profil Dinas Kesehatan Sulawesi - Selatan. Dinkes Prov. Makassar. Diakses 2015.

Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba. Dinkes Kab. Bulukumba. Diakses 2015 & 2017
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Published
2019-12-31
How to Cite
Kamaruddin, M., Nurhayani, & Karlina, I. (2019). Deskripsi Pengetahuan dan Pemahaman Mahasiswa Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Tentang Anemia Ibu Hamil. Medika Alkhairaat : Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 1(3), 103-107. Retrieved from http://jurnal.fkunisa.ac.id/index.php/MA/article/view/40
Section
Articles